Jurnal UNY - Detail artikel

EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika)

4, Volume 4, Nomor 5 Bulan Mei 2015

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 6 PURWOEJO

Penulis 1 : MIFTA DYAH ROSMALA (11520241057)
Penulis 2 : SLAMET, M.Pd
Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran make a match dalam (1) peningkatan partisipasi siswa dan (2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Multimedia di kelas X Multimedia SMK Negeri 6 Purworejo. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dilaksanakan evaluasi hasil belajar pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi model pembelajaran make a match dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas X Multimedia pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Multimedia. Pada pertemuan pertama siklus I, rata-rata persentase sub indikator partisipasi siswa sebesar 62,50%; meningkat pada pertemuan kedua menjadi 71,15%. Pada pertemuan pertama siklus II, meningkat menjadi 77,88% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 83,65%. Peningkatan partisipasi siswa juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut dilihat dari kenaikan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak minimal 75% dari jumlah total siswa. Dari hasil pre-test, hanya 10 siswa atau 31,25% yang mencapai KKM. Pada siklus I jumlah siswa yang telah mencapai KKM meningkat menjadi 20 siswa atau 62,50%. Dan pada siklus II, meningkat menjadi 26 siswa atau sebanyak 81,25%.

Kata Kunci
Make A Match, partisipasi, hasil belajar, kompetensi kejuruan Multimedia

Abstract

Abstract
This research aims to find out the implementation of make a match learning model to increase (1) student’s participation and (2) student’s learning results in Multimedia lesson class X Multimedia SMK Negeri 6 Purworejo. This research was conducted in two cycles with evaluation in the end of each cycle. The results show that implementation of make a match learning model could increase participation and learning results the students class X Multimedia in Multimedia lesson. First meeting cycle I gives results 62.50% in participation indicator, increase up to 71.15% in second meeting. First meeting cycle II, increase up to 77.88% and the last meeting increase up to 83.65%. The average of participation indicator at first cycle is 65.50% and increase up to 80.77% at second cycle. Increasing of the average from the first cycle to second cycle followed by the raising results in that lesson seen from increasing percentage students who achieve KKM up to 75% from the total students. Pre-test shows that only 10 students or 31.25% who achieve KKM. In first cycle, total students who achieve KKM increase up to 20 students or 62.50% and second cycle showed the total students who achieve KKM increase up to 26 students or 81.25%.

Keyword
make a match, participation, results, Multimedia lesson
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)