Jurnal UNY - Detail artikel

EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika)

4, Volume 4, Nomor 5 Bulan Mei 2015

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PERAKITAN KOMPUTER UNTUK PESERTA DIDIK SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO

Penulis 1 : LUGAS ADHI PRASETYO (10520244031)
Penulis 2 : NURKHAMID, Ph.D
Abstrak

Abstrak
Penelitian ini mengembangkan game edukasi pengenalan perangkat keras dan perakitan komputer dengan nama “Merakit Komputer Yuk!”. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangan game “Merakit Komputer Yuk!”, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran game “Merakit Komputer Yuk!”, dan (3) mengetahui efektivitas “Merakit Komputer Yuk!” sebagai media pembelajaran pengenalan hardware dan perakitan komputer untuk peserta didik SMK Batik Perbaik Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan mengacu pada metode Digital Game Based Learning-Instructional Design (DGBL-ID). Penelitian ini mendapatkan hasil : (1) Pengembangan game “Merakit Komputer Yuk!” menggunakan Adobe Flash CS6 dengan model pengembangan DGBL-ID, (2) Penilaian kualitas game dari ahli media mendapatkan persentase kelayakan 100% untuk aspek balance, playtest, localization, dan usability, sedangkan penilaian materi didapatkan persentase kelayakan 80%. Pada tahap implementasi yang diberikan pada 49 peserta didik mendapatkan hasil layak dengan total persentase kelayakan 77,98% dari aspek balance, playtest, dan usability. (3) Keefektifan game untuk menjadi media pembelajaran dibuktikan dengan persentase peningkatan nilai hasil pre-test dan post-test sebesar 63,87%.

Kata Kunci
game edukasi, perangkat keras, perakitan komputer, R&D, DGBL-ID, balance, playtest, localization, usability

Abstract

Abstract
This research is to develop an educational game about identification of hardware and computer assembly, named “Merakit Komputer Yuk!”. The aims of this research are: (1) to develop game of “Merakit Komputer Yuk!”, (2) to determine the quality of “Merakit Komputer Yuk!”, (3) to determine the effectiveness of “Merakit Komputer Yuk!” as multimedia learning which content are identification of hardware and computer assembly. This research uses R&D method, and Digital Game Based Learning-Instructional Design (DGBL-ID) model as developing process. The resulst reveal that: (1) development of “Merakit Komputer Yuk!” uses Adobe Flash CS6 and DGBL-ID model as developing process. (2) the quality assure of “Merakit Komputer Yuk!” results are 100% in balance, playtest, localization, and usability testing from media expert and 80% of the metter expert. From implementation phase,“Merakit Komputer Yuk!” had total of the percentage 77,98% from balance, playtest, and usability. (3) The game’s effectiveness as multimedia learning can be proven from the increasing result of pre-test and post-test for 63,87%..

Keyword
educational game, hardware, computer assembly, R&D, DGBL-ID, balance, playtest, localization, usability
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)