Jurnal UNY - Detail artikel

EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika)

4, Volume 4, Nomor 5 Bulan Mei 2015

PERBEDAAN PENERAPAN E-LEARNING MOODLE DAN EDMODO TERHADAP AKTIVITAS ONLINE DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Penulis 1 : LATIFAH PERWITA SARI (11520244026)
Penulis 2 : Prfo. HERMAN DWI SURJONO, Ph.D
Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah tingkat aktivitas online siswa yang menggunakan elearning moodle lebih tinggi dibanding tingkat aktivitas online siswa yang menggunakan edmodo, (2) apakah hasil belajar siswa yang menggunakan e-learning moodle lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan edmodo, (3) apakah ada hubungan aktivitas forum diskusi online dengan hasil belajar siswa yang menggunakan elearning moodle. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan uji beda dan korelasi. Hasilnya menunjukkan: (1) tingkat aktivitas online siswa yang menggunakan e-learning moodle lebih tinggi dibanding tingkat aktivitas online siswa yang menggunakan edmodo dengan perbedaan rata-rata 5, (2) hasil belajar siswa yang menggunakan e-learning moodle lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan edmodo dengan perbedaan rata-rata 3,87, (3) tidak ada hubungan tingkat aktivitas forum diskusi online dengan hasil belajar siswa yang menggunakan e-learning moodle.

Kata Kunci
e-learning, moodle, edmodo, aktivitas online, hasil belajar

Abstract

Abstract
The aim of this research was to know: (1) was the students’ online activity level which used e-learning moodle higher than students’ online activity level which used edmodo, (2) was students’ learning achievement which used e-learning moodle higher than students’ learning achievement which used edmodo, (3) was there a correlation among online discussion forum activity and students’ learning achievement which used e-learning moodle. This research was a quasi experimental research with Nonequivalent Control Group Design. Data collection technique used observation sheet and written test. Data analysis used comparative test and correlation test. The result indicated: (1) students’ online activity level which used e-learning moodle was higher than students’ online activity level which used edmodo with the difference 5 in average, (2) students’ learning achievement which used e-learning moodle was higher than students’ learning achievement which used edmodo with the difference 3,87 in average, (3) there was no correlation among online discussion forum activity and
students’ learning achievement which used e-learning moodle.

Keyword
e-learning, moodle, edmodo, online activity, learning achievement
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)