Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1

Vol 4, No 8 (2015)

KEEFEKTIFAN STRATEGI SQ3R (SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA MAGELANG JAWA TENGAH

Penulis 1 : MILLATINA RANDU G (11201241044)
Penulis 2 : Hartono, M.Hum
Penulis 3 : Dwi Hanti Rahayu, M.Hum
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan  kemampuan memahami
teks eksplanasi antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi
SQ3R  dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan strategi  SQ3R, dan (2)
keefektifan penggunaan strategi SQ3R  dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi siswa
kelas VII SMP Negeri 12 Kota Magelang  Jawa Tengah.  Strategi SQ3R digunakan karena
membantu siswa dalam memahami dan berpikir tentang teks yang sedang mereka baca dan
membantu guru dalam membimbing siswa bagaimana membaca layaknya para pembaca
efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen.
Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas berupa strategi SQ3R dan variabel
terikat berupa hasil tes pemahaman membaca teks eksplanasi. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Magelang dengan jumlah 195 siswa.
Teknik pengambilan sampel adalah  simple random sampling. Berdasarkan hasil  undian,
ditetapkan bahwa kelas VII C dengan jumlah 32 siswa merupakan kelompok eksperimen dan
kelas VII F dengan jumlah 32 siswa merupakan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu teknik tes berupa instrumen penelitian yang diujikan pada kelas VII D
dengan jumlah 33 siswa. Hasil uji instrumen yang diperoleh dihitung menggunakan bantuan
program komputer  Iteman  untuk mengetahui validitas dan reabilitas. Data hasil penelitian
dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran  data dan uji homogenitas
varian. Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok terbukti bahwa data normal dan
homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t.
Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa skor tes akhir kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol diperoleh  thitung 8,644, ttabel 2,000 dengan df 61 pada taraf kesalahan 5%.
Dikarenakan nilai  thitung  lebih besar dari ttabel (8,644>2,000) dan nilai p lebih kecil dari taraf
signifikansi 5% (0,000<0,05),  maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan
kemampuan membaca pemahaman  antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Selain itu, berdasarkan uji-t  gain score  diperoleh  thitung  4,512,  ttabel  2,000, df 61 pada taraf
kesalahan 5%. Dikarenakan nilai  thitung  lebih besar dari  ttabel  (4,512>2,000) dan nilai p lebih
kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05), dapat disimpulkan bahwa strategi SQ3R efektif
digunakan dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi.
 

Kata Kunci
keefektifan, strategi SQ3R, memahami teks eksplanasi

Abstract

This research aims to prove (1)  the difference of the ability of understanding
explanation texts between a group that is given an SQ3R strategy and a group that is not
given an SQ3R strategy, and (2) the effectiveness of using SQ3R strategy in learning
understanding explanation texts on  eleventh grade students at SMPN 12 Magelang Central
Java. This SQ3R strategy is applied because it helps students in understanding and thinking
of texts that they are reading and helps the teacher in guiding them how to read like an
effective reader.
This  research uses a quantitative approach with a quasi-experimental method. This
research consists of two variables, a free variable which is an SQ3R strategy and a bound
variable which is the result of reading comprehension test of explanation texts.  The
population of this research is all eleventh grade students at SMPN 12 Magelang which
numbered of 195 students. The sampling technique is a simple random sampling. Based on
the results of the draw, it is determined that 32 students of class VII C play as an
experimental group and 32 students of class VII F play as a controll group. The data
collection techniques  is a research instrument which is tested on 33 students in class VII D.
The result of this instrument test is obtained by calculating using a computer program Iteman
to determine the validity and reliability.  Research data analysis  conducts an  analysis
prerequisite test which is a normal test by using distribution data and a variant homogeneity
test. Based on this calculation, the both of group proves that the data are normal and
homogen. Furthermore, it does a different test by using a t-test.
The result of the calculation of the t-test shows that the score of the final test of the
experimental group and the control group obtains  thitung 8,64,  ttabel 2,000, with df 61 at 5%
level of error. Because of thitung  is more than ttabel  (8,644>2,000) and p is less than 5% level of
significance,  it  can be concluded that there is a significant difference  in reading
comprehension between the control group and the experimental group. Besides that, based on
t-test, the gain score obtains  thitung  4,512,  ttabel 2,000, df 61 at 5% level of error. Because of
thitung  is bigger than  ttabel  (4,512>2,000) and p is less than  5%  level of significance
(0,000<0,05), it can be concluded that SQ3R strategy is effective if it is applied in learning
understanding the explanation texts.

Keyword
effectiveness, SQ3R strategy, learning understanding explanation texts
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)