Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1

Vol 4, No 8 (2015)

KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGLUWAR MAGELANG, JAWA TENGAH

Penulis 1 : ERINA RAHMAWATI (11201241019)
Penulis 2 : Pangesti Wiedarti, Ph.D
Penulis 3 : Dwi Budiyanto, M.Hum
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  (1)  mengetahui perbedaan kemampuan
menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri  1 Ngluwar yang mengikuti
pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan statategi Think Talk Write (TTW)
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks ulasan tanpa
menggunakan stategi  Think Talk Write  (TTW), (2) keefektifan penggunaan
strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks ulasan di kelas
VIII SMP Negeri 1 Ngluwar Magelang. Strategi TTW dipilih karena, strategi ini
membantu mengembangkan tulisan siswa dengan lancar dan melatih berbahasa
dengan lancar.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan
desain prates-pascates control group design. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu
variabel bebas berupa penggunaan strategi Think Talk Write (TTW) dan variabel
terikat berupa keterampilan menulis teks ulasan. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Negeri  1 Ngluwar Magelang. Penentuan sampel
menggunakan teknik  purposive sample.  Berdasarkan teknik  tersebut diperoleh
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol.
Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa  data penelitian berdistribusi normal.
Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen.
 Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t pada taraf
signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pascates antara
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa  terdapat
perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks ulasan yang mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan strategi TTW dan yang mengikuti
pembelajaran tanpa strategi TTW. Setelah dilakukan uji-t prates-pascates masing-
masing kelompok, terlihat bahwa selisih rata-rata skor  prates  dan  posttes
kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol. Kenaikan rata-rata
pascates kelompok eksperimen (9,86) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol
(5,93). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa strategi TTW efektif digunakan
dalam pembelajaran menulis teks ulasan kelas VIII SMP Negeri 1 Ngluwar
Magelang.
 

Kata Kunci
menulis, teks ulasan, strategi think talk write (TTW)

Abstract

  This study aimsed  to ( 1 ) determine differences in the ability to write
text review class VIII SMP Negeri 1 Ngluwar, Magelang, Central Java  who
follow learning to write text review using a strategy Think Talk Write ( TTW ) to
students who take the learning to write text review without using a strategy  Think
Talk Write ( TTW ) , ( 2 ) the effectiveness of the use of strategies Think Talk
Write ( TTW ) in learning to write a review text in  class VIII  SMP Negeri 1
Ngluwar Magelang.  TTW been selected strategy , this strategy helps develop
students writing fluently and train language fluently.
  This study was an experimental study using pre-test  -  post-test design
control group design.  The variables of this study was twofold independent
variables such as the use of strategies Think Talk Write ( TTW ) and the
dependent variable in the form of text writing skills review. The population was
class VIII SMP Negeri 1 Ngluwar Magelang. Sampling using purposive sampling
technique . Based on these techniques derived class as the experimental class VIII
A and VIII B as the control class . Normality test results showed that the study
data were normally distributed . The test results indicate that the homogeneity of
variance homogeneous research data .
  The data are then analyzed using t-test at 5% significance level . Results
of t-test calculations are performed on post-test scores between the control group
and the experimental group showed that there are significant differences ability to
write text that follows a review of learning by using strategies that follow the
TTW and learning without TTW strategy . After the t-test pre-test  - post-test of
each group , it appears that the difference in average pre-test scores and greater
posttes experimental group than the control group . The increase in the average
post-test experimental group ( 9.86 ) was higher than the control group ( 5.93 ) .
Therefore it can be concluded that the TTW effective strategies used in teaching
writing text review class VIII SMP Negeri 1  Ngluwar Magelang.

Keyword
writing, review text, think talk write strategy (TTW)
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)