Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1

Vol 4, No 7 (2015)

KEEFEKTIFAN STRATEGI PURPOSE, OVERVIEW, INTERPRET, NOTE, TEST DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP

Penulis 1 : INDAH NOOR HAYATI (11201241047)
Penulis 2 : Hartono, M.Hum
Penulis 3 : Beniati Lestyarini, M.Pd
Abstrak

  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan
membaca pemahaman teks eksplanasi antara siswa yang menggunakan  strategi
POINT  dalam pembelajaran membaca pemahaman  teks eksplanasi  dan  siswa yang
mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Selain itu, penelitian ini
juga dilakukan untuk mendeskripsikan  keefektifan strategi  POINT  dalam
pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi.
  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.  Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta.  Penentuan kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan  simple random sampling.
Berdasarkan hasil undian diperoleh kelas VII E untuk kelompok eksperimen dan
kelas VII F untuk kelompok kontrol yang terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan berupa tes pilihan ganda, yang diperoleh dari pretes dan postes.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1)  ada perbedaan yang signifikan
kemampuan memahami  teks eksplanasi antara siswa yang mendapat pembelajaran
dengan menggunakan strategi  POINT dan  siswa yang mendapat pembelajaran
menggunakan pendekatan saintifik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t  sampel
bebas postes, diketahui nilai t=3,490,  df=66, dan nilai p=0,001. Data tersebut
menunjukkan  p < 0,05,  artinya signifikan.  (2)  Pembelajaran membaca pemahaman
teks eksplanasi menggunakan strategi POINT  lebih  efektif dibandingkan dengan
pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi menggunakan pendekatan
saintifik.  Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t  berhubungan  pada kelompok
eksperimen, diketahui  nilai  t=3,258, dengan df=33 dan nilai p=0,00. Data tersebut
menunjukkan nilai p lebih kecil dari 0,05, artinya signifikan. Selain itu, diketahui
skor rerata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 2,23, sedangkan
kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar 0,8.

Kata Kunci
strategi POINT, membaca pemahaman, teks eksplanasi

Abstract

This study aimed to describe the differences in the ability to read explanatory
text comprehension between students who use the strategy point  in learning  reading
comprehension text explanation and students who study uses a scientific approach. In
addition, research is also conducted to describe the effectiveness of the strategy point
in learning to read explanatory text comprehension.
This study is a  quasi-experimental research.  Population  in this research is
class  7th grade  of  SMP Negeri 15 Yogyakarta. Determination of  the experimental
group and the control group is done by simple random sampling. Based on the results
obtained lottery class 7th grade E for the experimental group and class 7th grade F for
the control group  consisted of  34  students. Data collection techniques  used  in the
form of multiple choice tests obtained from the pretest and posttest. Data analysis was
performed using t-test.
The results showed that: (1) there is a significant difference between the
ability to understand the explanatory text that gets students learning by using
strategies that got  the point and student learning using a scientific approach. This is
evidenced by the results of independent samples t-test post-test, known value of t =
3.490, with df = 66, and the value of p = 0.001. The data indicate p < 0.05, significant
meaning. (2) Teaching reading comprehension explanatory text using point strategy is
more effective than learning reading comprehension explanatory text using a
scientific approach. This is evidenced by the t-test results related to the experimental
group, known t = 3.258, df = 33 and with a value of p = 0.00. The data shows a p-
value less than 0.05, meaning significant. In addition, note the experimental group
experienced a mean score increase of 2.23, while the control group decreased by 0.8.
 

Keyword
strategy POINT, explanatory text, reading comprehension
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)