Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1

Vol 4, No 7 (2015)

KEEFEKTIFAN STRATEGI CLOZE STORYMAPPING (CSM) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN PADA SISWAKELAS VIII SMPNEGERI 1 KASIHAN BANTUL

Penulis 1 : NURINA APRIATI (11201241042)
Penulis 2 : Hartono, M.Hum
Penulis 3 : Beniati Lestyarini, M.Hum
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan
membaca pemahaman teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran
dengan strategi CSM dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa strategi CSM
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. (2) Keefektifan strategi
CSM dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah
pretest posttest dengan kelompok kontrol (Control Group Pretest/Posttest
Design). Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa strategi
pembelajaran dan variabel terikat berupa kemampuan membaca pemahaman teks
ulasan kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan Simple Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut kelas
VIIIB ditentukan sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIIA sebagai kelompok
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Kasihan Bantul.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan yang signifikan
kemampuan membaca pemahaman teks ulasan antara siswa yang mendapat
pembelajaran dengan menggunakan strategi CSM dan siswa yang mendapat
pembelajaran tanpa menggunakan strategi CSM. Hal tersebut dapat dibuktikan
dari hasil uji-t posttest kelompok kontrol dan eksperimen yang menunjukkan
thitung sebesar 4.514 dengan df sebesar 62 dan nilai p sebesar 0.000. Hasil tersebut
menunjukkan nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 (0.000<0.05). 2)
Strategi CSM efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks
ulasan. Hal tersebut dapat dilihat dari kenaikan skor rata-rata kelompok
eksperimen>kelompok kontrol (8.82>5.72), serta berdasarkan uji-t pretest-postest
kelompok eksperimen didapatkan thitung sebesar 42.83 dengan df 63 dan nilai p
sebesar 0.000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai p<taraf signifikansi
(0.000<0.05).

Kata Kunci
strategi CSM, membaca pemahaman, teks ulasan

Abstract

This research was aimed to understand: (1) the difference of review text
reading comprehension skill between students who were learning with CSM
strategy and students without CSM strategy at grade VIII students of SMP Negeri
1 Kasihan Bantul. (2) The effectiveness of cloze story mapping (CSM) strategy in
review text reading comprehension learning at grade VIII students of SMP
Negeri 1 Kasihan Bantul.
The research used quantitative approach by quasi experiment method.
Research design used was pretest and post-test with control group pretest/post-
test design. Variables of the research were independent variable in the form of
learning strategy and dependent variable was review text reading comprehension
skill grade VIII students of SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. Sampling technique
was using Simple Random Sampling. Based on the technique, VIIIB students
were determined as control group and VIIIA students were the experimental
group. Population of the research was grade VIII students of SMP Negeri 1
Kasihan Bantul.
The result of the research showed that: 1) there was significant difference of
review text reading comprehension skill between students who were learning
with CSM strategy and students without CSM strategy at grade VIII students of
SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. It was proven from post-test t-test result of control
group and experimental group that showed tcount 4.514 with df 62 and p 0.000.
The result showed p was less than level of significant 0.05 (0.000<0.05). 2) CSM
strategy was effective to be used in review text reading comprehension. It could
be seen from the improvement of average score experimental group > control
group (8.82>5.72), and based on the t-test pretest post-test experimental group
tcount 42.83 with df 63 and p 0.000. The result showed that p <level of significant
(0.000<0.05).

Keyword
CSM strategy, reading comprehension, review text
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)