Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1

Vol 4, No 7 (2015)

KEEFEKTIFAN STRATEGI LISTEN-READ-DISCUSS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP

Penulis 1 : HASIFAH NUR FITRIANA (11201241017)
Penulis 2 : Hartono, M.Hum
Penulis 3 : Nurhidayah, M.Hm
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan
membaca pemahaman teks eksplanasi antara siswa yang mendapat pembelajaran
dengan menggunakan strategi LRD  dan siswa yang mendapat pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII SMP, (2)
mendeskripsikan keefektifan  penggunaan strategi  LRD  dalam pembelajaran
membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP.
Penelitian ini merupakan  jenis  penelitian  kuantitatif eksperimen semu.
Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah  keseluruhan  siswa kelas VII SMP Negeri 1  Imogiri yang
terdiri atas 7 kelas.. Teknik pengambilan sampel dengan  random sampling yang
diperoleh kelas VII A  sebagai kelas eksperimen  dan  kelas VII  B  sebagai kelas
kontrol. Data diperoleh dengan pretes dan postes berupa tes objektif kemampuan
membaca pemahaman teks eksplanasi yang disusun berdasarkan Taksonomi
Barret. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Uji
reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang dihitung dengan progam  Iteman.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi
0,05. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis
data berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil analisis uji-t independen data postes kemampuan membaca
pemahaman teks eksplanasi kelompok  kontrol  dan kelompok  eksperimen
diperoleh  nilai signifikansi  sebesar 0,000  (sig.<0,05). Hasil analisi uji-t
berhubungan  pretes  postes  kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikansi
sebesar  0,000  (sig.<0,05). Adapun kenaikan skor kelompok eksperimen sebesar
2,187 dan kelompok kontrol sebesar 0,906. Berdasarkan hasil analisis ini, dapat
disimpulkan bahwa  (1)  terdapat  perbedaan kemampuan membaca pemahaman
teks eksplanasi antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan
strategi LRD  dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan saintifik pada siswa kelas VII SMP, (2) strategi LRD efektif
digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa
kelas VII SMP.
 

Kata Kunci
keefektifan, strategi LRD, membaca pemahaman teks eksplanasi

Abstract

This research purpose  to (1) describe the differences  in the ability to read
explanatory text comprehension between students who received learning by using
strategies LRD and students who receive learning by using scientific approaches
in class VII SMP, (2) describe the effectiveness of the use of learning strategies in
reading comprehension LRD explanatory text in class VII SMP.
This  research  is a quasi-experimental quantitative research. The research
design was pretest-posttest control group design. The population in this study is
the overall seventh grade students of SMP Negeri 1 Imogiri which consists of 7
classes. Mechanical sampling with random sampling derived class VII A as an
experimental  group  VII and class B as the control  group. Data obtained with
pretest and posttest in the form of objective test reading comprehension
explanatory text which is based Taxonomy Barret. Validity used is content
validity and construct validity. Reliability test using  \Alpha Cronbach calculated
by Iteman program. Data analysis techniques in this study is t-test with a
significance level of 0.05. Prior to the analysis, first tested in the form of data
analysis prerequisite test for normality and homogeneity test.
Results of independent t-test analysis of data reading comprehension
posttest control group explanatory text and the experimental group obtained
significance value of 0.000 (sig. <0.05). T-test analysis results related pretest
posttest experimental group obtained significance value of 0.000 (sig. <0.05). The
increase in score of 2,187 experimental group and the control group of 0,906.
Based on the results of this analysis, it can be concluded that (1) there are
differences in explanatory text reading comprehension among students who
received learning by using strategies LRD and  students who receive learning by
using scientific approaches in class VII SMP, (2) effective LRD strategies used in
teaching reading comprehension explanatory text in class VII SMP.

Keyword
effectiveness, LRD strategies, reading comprehension explanatory text
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)