Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1

Vol 4, No 7 (2015)

KEEFEKTIFAN MODEL INDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS CERITA RAKYAT ADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 MOYUDAN SLEMAN

Penulis 1 : RAHMA NUR FITRIANA (10201244077)
Penulis 2 : Dr. Maman Suryaman
Abstrak

  Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan yang signifikan
kemampuan membaca teks cerita rakyat antara peserta didik yang mendapat
pembelajaran menggunakan model induktif dengan peserta  didik yang mendapat
pembelajaran tanpa menggunakan model induktif pada peserta didik kelas VII SMP
Negeri 1 Moyudan Sleman dan (2) menguji keefektifan model induktif dalam
pembelajaran membaca teks cerita rakyat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri
1 Moyudan Sleman.
  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control group
pretest postest. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas berupa model
induktif dan variabel terikat berupa kemampuan membaca teks cerita rakyat.
Populasi dalam  penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1
Moyudan sebanyak 128 peserta didik dan sampel yang digunakan berjumlah dua
kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B sebagai
kelompok eksperimen. Teknik penyempelan yang digunakan adalah teknik  cluster
random sampling  yaitu penyempelan secara acak berdasarkan klaster. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Instrumen
pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda dan angket. Uji validitas
instrumen berupa validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas instrumen dihitung
dengan melihat nilai Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji-t dengan taraf signifikansi 0,05.
  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat  ditarik simpulan yaitu:
(1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca teks cerita rakyat
antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan model induktif
dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan model
induktif pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman. Hal tersebut
dapat dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t pascates kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen diperoleh thitung 6,087 dengan df=62 dan p sebesar 0,000; (2)
model induktif terbukti efektif dalam pembelajaran membaca teks cerita rakyat pada
peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman. Hal ini dapat ditunjukkan
dari hasil penghitungan uji-t prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh
thitung 11,201 dengan df=31 dan diperoleh nilai p sebesar 0,000 serta kenaikan nilai
rerata kelompok kontrol sebesar 1,29 sedangkan kenaikan nilai rerata kelompok
eksperimen sebesar 10,35.
 

Kata Kunci
keefektifan, model induktif, membaca teks cerita rakyat

Abstract

  This research purpose to (1) knowing the significance difference of ability
reading folklore text between students who got learning using inductive model
with students who got learning without using inductive model at VII grade
students of SMP Negeri 1 Moyudan Sleman and (2) test the  effectiveness of
inductive model on learning reading folklore text at VII grade students of SMP
Negeri 1 Moyudan Sleman.
  This research is an experimental research design with pretest posttest
control group design. The variable in this research are independent variable which
is inductive model and dependent variable that is the ability of reading folklore
text. The population in this research are VII grade students of SMP Negeri 1
Moyudan Sleman as much as 128 students and the sample which is used are two
classes, that is VII A class as control group and VII B class as experiment group.
Technique sampling which is used are cluster random sampling technique that is
random sampling based on the cluster. The data collection technique which is
used in this research are test. The instruments of data collection are objective test
multiple choice and questionnare. The instruments of validity test are content
validity and construct validity. The instrument’s reliability is counted refers to
Alpha Cronbach grade. Technique of data analysis is used t-test with significance
level 0,05.
  Based on the result of this research, can be drawn conclusion that are: (1)
there are significance difference on the ability reading folklore text between
students who got learning using  inductive model with students who got learning
without using inductive model at VII grade students of SMP Negeri 1 Moyudan
Sleman. The case can be proven by the calculating result t-test of posttest control
group and experiment group got th 6,087 with df=62 and p as much as 0,000; (2)
inductive model are effective for learning reading folklore text at VII grade
students of SMP Negeri 1 Moyudan Sleman. This can be shown from calculation
result t-test pretest and posttest experiment group got th11,201 with df=31 and got
p grade 0,000 and also rise average grade control group as much as 1,29 whereas
rise average grade experiment group  as much as 10,35.

Keyword
effectiveness, inductive model, reading folklore text
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)