Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1

Vol 4, No 7 (2015)

KEEFEKTIFAN STRATEGI QAR (QUESTION-ANSWER RELATIONSHIP) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP

Penulis 1 : EVI DWI ANGGRAINI (11201241067)
Penulis 2 : Hartono, M.Hum
Penulis 3 : Nurhidayah, M.Hum
Abstrak

  Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui (1) perbedaan kemampuan
membaca pemahaman teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran
menggunakan strategi QAR dengan siswa yang mendapat pembelajaran  tanpa
menggunakan strategi QAR, dan (2) keefektifan strategi QAR dalam
pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP.
  Penelitian ini  berjenis  penelitian eksperimen  semu. Desain penelitian
adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sewon. Penentuan sampel menggunakan teknik
cluster sampling. Diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas
VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes objektif
yang berjumlah 40 soal dengan empat alternatif jawaban. Data diperoleh dari  
pretes dan postes  pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Validitas
yang digunakan adalah validitas isi. Validitas dan reliabilitas dihitung dengan
menggunakan  bantuan program  Iteman. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data,
dilakukan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
Pengujian dilakukan dengan bantuan program SPSS 21.0 yang menunjukkan data
pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan kemampuan
membaca pemahaman teks ulasan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan
pembelajaran menggunakan  strategi QAR dengan yang mendapat pembelajaran
tanpa menggunakan strategi QAR pada siswa kelas VIII SMP.  Hal ini dapat
dibuktikan dengan hasil uji-t postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
yang menunjukkan thitung sebesar 6,066 dan nilai p sebesar 0,000. (2) Strategi QAR
efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan pada
siswa kelas VIII SMP. Hal ini dapat dilihat dari uji-t pretes dan postes kelompok
eksperimen diperoleh thitung sebesar 10,383 dan p sebesar 0,000 (p<0,05)

Kata Kunci
keefektifan, strategi QAR, membaca pemahaman, teks ulasan

Abstract

This study aims to determine (1) the differences in ability to understand
text review among students who received learning by using QAR strategy with
students who did not received QAR strategy, and (2) the effectiveness of the QAR
strategy in understand text review at class VIII Junior High School.
The kind of this study is quasi-experimental. Study design was  pretest-
post-test control group design. Population in this study were students at class 8th
.
Sampling by using cluster sampling. Obtained class VIII A as the experimental
group and class VIII B as the control group. Data collection techniques using the
form of objective test which consist of 40 questions with four alternative answers.
The data obtained from pre-test and pos-test in the control group and experimental
group. Validity that used in this study is validity of contents. Validity and
reliability was calculated with the help by of the Iteming program. Data analysis
technique that used is t-test with significance level of 5%. Before do data analysis,
test requirements analysis form for normality and homogeneity test. Testing is by
using the help of SPSS 21.0 program that shows the data of pre-test and post-test
normal distribution and homogeneous.    
The results of this study show that (1) There are significant differences in
ability to understand among students who received learning by using QAR
strategy with students who did not QAR strategy at class VIII Sewon 1 Junior
High School. This can be proved by the results of the t-test post-test control group
and the experiment group who showed th 6.066 and p 0.000. (2) QAR (Question-
Answer Relationship) strategy effective in understand text review at class VIII Junior
High School. This can be proved by the results of the t-test pre-test and post-test
the experiment group who showed th 10,383 and p 0.000 (p<0,05).

Keyword
effectiveness, QAR strategy, reading comprehension, text review.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)