Jurnal UNY - Detail artikel

JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MEKATRONIKA

Vol. 4, No. 4, Januari 2015

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA STANDAR KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA UNTUK SISWA KELAS X SMK HAMONG PUTERA II PAKEM

Penulis 1 : LISA NOVITASARI (10518241038)
Penulis 2 : K Ima Ismara
Penulis 3 : -
Penulis 4 : -
Penulis 5 : -
Abstrak

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)mengembangkan modul pembelajaran berbasis pendidikan karakter pada Standar Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronika di SMK Hamong Putera II Pakem, dan (2) menguji kelayakan modul pembelajaran berbasis pendidikan karakter pada Standar Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronika di SMK Hamong Putera II Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Anik Ghufron. Prosedur pengembangan memuat empat tahapan, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan, dan tahap diseminasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket skala empat. Hasil penilaian dari aspek materi mendapatkan rerata skor sebesar 3,21 (persentase kualitas 80,25%) termasuk kategori layak. Hasil penilaian dari aspek media mendapatkan rerata skor sebesar 3,34 (persentase kualitas 83,50%) termasuk kategori sangat layak. Hasil penilaian dari aspek keterbacaan mendapatkan rerata skor sebesar 3,35 (persentase kualitas 83,75%) termasuk kategori sangat layak. Hasil penilaian dari aspek proses pembelajaran mendapatkan rerata skor sebesar 3,38 (persentase kualitas 84,50%) termasuk kategori sangat layak.

Kata Kunci
pendidikan karakter, pengembangan modul pembelajaran, pengukuran komponen elektronika

Abstract

Abstract

 

 research aims to: (1) develop character education-based learning module of Competency Standards Measurement Electronic Components, and (2) test the performance of character education-based learning module of Competency Standards Measurement Electronic Components. The development of character education-based learning module of Basic Electronics refers to Borg&Gall development model Anik Ghufron has summarized. The assessment of character education-based learning module of Competency Standards Measurement Electronic Components is done by 2 subject metter  experts, 2 media experts, 9 students of 11th grade of SMK Hamong Putera II Pakem, and 20 students of 10th grade of SMK Hamong Putera II Pakem. The product of this development research is character education-based learning module of Measurement Electronic Components. The assessment results of the subject metter aspects getting a mean score of 3,21 (80,25% quality percentage), including feasible category. The assessment results of the media aspects getting a mean score of 3,34 (83,50% quality percentage), including very feasible category. The assessment results of the module readability aspects getting a mean score of 3,35 (83,75% quality percentage), including very feasible category. The assessment results of the use of the module in the learning process aspects getting a mean score of 3,38 (84,50% quality percentage), including very feasible category.

Keyword
character education, learning module development, measurement electronic components
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)