Jurnal UNY - Detail artikel

JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MEKATRONIKA

Vol. 4, No. 4, Januari 2015

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 KLATEN

Penulis 1 : ANDOKO RATRI P (10518241023)
Penulis 2 : Toto Sukisno
Penulis 3 : -
Penulis 4 : -
Penulis 5 : -
Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning dibandingkan model pembelajaran Teacher Centered pada hasil belajar siswa dalam ranah: (1) kognitif, (2) afektif, (3) psikomotor. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL A dan X TITL B Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Klaten. Analisis data pada ranah kognitif mengacu pada teori Richard R. Hake yaitu gain scores (peningkatan nilai), untuk ranah afektif dan psikomotor menggunakan metode perbandingan rerata skor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning dibandingkan dengan model Teacher Centered Learning pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 2 Klaten lebih efektif untuk meningkatkan: (1) kognitif siswa dengan hasil rerata kelas eksperimen adalah 0,76 (tinggi) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,35 (sedang) yang mengacu pada teori Richard R. Hake, (2) afektif siswa dengan perbandingan rerata skor afektif kelas eksperimen yang memperoleh nilai sebesar 82,10 sedangkan kelas kontrol sebesar 76,10, (3) psikomotor siswa dengan perbandingan rerata skor psikomotor kelas eksperimen sebesar 80,81 dan kelas kontrol sebesar 75,71.

Kata Kunci
Project Based Learning, kognitif, afektif, psikomotor

Abstract

Abstract

This research aims to know the effectiveness model of Project Based Learning compared with the Taecher Centered Learning to improve student learning outcomes in domain: (1) cognitive, (2) affective, (3) psychomotor. This research was a Quasi-Experiment with Non-Equivalent Control Group Design. The subjects were students of class X TITL A and X TITL B, program skills Of Electrical Power Installation Engineering at SMK Negeri 2. Hake theories that is gain scores (increase in value), for affective and psychomotor domains using the mean score comparison method.The result showed that the application of the Project Based Learning model in class X program skills Of Electrical Power Installation Engineering at SMK Negeri 2 Klaten were more effective to increase: (1) cognitive outcomes of students with the average experimental group was 0,76 (high) while the control group was 0,35 (medium) based on Richard R. Hake theories, (2) affective students with a mean score of affective comparison experimental group who obtained a value of 82,10 while the control group was 76,10, (3) comparison of the mean psychomotor scores of students with 80,81 for the experimental group and the control group was 75,71.

Keyword
Project Based Learning, cognitive, affective, psychomotor
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)