Jurnal UNY - Detail artikel

Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan

Vol IV, No 4 (2015)

IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS CERDAS ISTIMEWA DI SD NEGERI UNGARAN I YOGYAKARTA

Penulis 1 : VETHY CAHYA WARDANI (10110244031 )
Abstrak

Penelitian    ini    bertujuan    untuk    mendeskripsikan:  1)  Implementasi  Program  Kelas  Cerdas Istimewa di Sekolah Dasar Negeri Ungaran I Yogyakarta; 2) Kendala implementasi program kelas Cerdas Istimewa  di  SD  Negeri  Ungaran  I  Yogyakarta.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif  deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Seksi Manajemen Sekolah Subbag DIKDAS Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas IA CI. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data,  dan  kesimpulan.  Uji  keabsahan  data  menggunakan  triangulasi  teknik  dan  sumber.  Hasil  penelitian menunjukkan bahwa implementasi program kelas CI meliputi tahap perencanaan, kurikulum diferensiasi kelas  CI  berupa  kurikulum  akselerasi,  proses  pembelajaran  berdasarkan  Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada kurikulum 2013 yang bersifat tematik integratif. Penentu kinerja implementasi  dalam  tahap  perencanaan:  (a)  Standar  Pendidikan  sesuai  dengan  8  SNP  dengan  sasaran seluruh  warga  negara  Indonesia  khususnya  anak  usia  SD  yang  memiliki  tingkat  kecerdasan  Inteligent Quotient  (IQ)  minimal  130;  (b)  Sumber  Daya  Manusia  guru  CI  lulusan  Sarjana  Pendidikan  Guru  Kelas Sekolah  Dasar  (PGSD),  namun  belum  ada  guru  dengan  kualifikasi  Pendidikan  Luar  Biasa  (PLB);  (c) Hubungan antar organisasi; SD dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta terjalin dan berkoordinasi dengan baik.  Implementasi  program  kelas  CI,  dalam  tahap  pelaksanaan;  guru  melakukan  pembelajaran  dengan RPP  yang  telah  dibuat  dan  melakukan  penilaian  untuk  mengetahui  perkembangan  peserta  didik  CI. Penentu  kinerja  implementasi  dalam  tahap  pelaksanaan,  antara  lain;  (a)  Kondisi  Sosial  berupa  interaksi antar  peserta  didik  maupun  dengan  guru  terlihat  kompetitif,  kooperatif,  kolaboratif;  (b)  Disposisi implementasi dalam aspek kognisi, berupa pemahaman kepala sekolah secara detail tentang program CI. Kendala  implementasi  Program  Kelas  CI  antara  lain;  (a)  Belum  adanya  anggaran  khusus  bagi  kelas  CI; (b)  Kesulitan  guru  dalam  mengajar  peserta  didik  yang  memiliki  rasa  ingin  tahu  yang  besar;  (c)  Peserta didik CI mudah sensitif. Adapun upaya untuk mengatasi kendala di atas  yaitu; (a) Mengusulkan  adanya anggaran khusus bagi kelas CI; (b) Proses pembelajaran di kelas dengan menyesuaikan minat, bakat, dan potensi  peserta  didik;  (c)  Guru  memberikan  materi  dengan  lebih  sabar  dan  memberikan  nasehat  kepada peserta didik yang mudah sensitif. 

Kata Kunci
implementasi kebijakan, program kelas cerdas istimewa, sekolah dasar

Abstract

This  research  was  aimed  to  describe:  1)  Implementation  of  Gifted  Class  program  in  Elementary  School;  2) Problems and efforts to overcome the obstacles in the implementation of gifted class program. This is a descriptive qualitative  research.  Subjects  in  this  research  were  the  section  head  of  the  School  Management  Sub  Dikdas Yogyakarta City Department of Education, principals, teachers and students in the IA gifted class. Data collection techniques  were  observation,  interview,  and  documentation.  Data  analysis  was  performed  through  the  stages  of data reduction, data display and conclusion/ drawing. Test the validity of the Datas used triangulation techniques and  sources.  The  results  showed  that  the  implementation  of  gifted  class  programs,  including;  Plan  stage,  in  the planning of implementation, diffrentiation curriculum was Acceleration. In learning process plan was refering to National  Curriculum  2013  which  was  thematic  integrative  learning.  As  for  determinant  of  performance implementation  plan:(a)  Standards  belonged  to  8  SNPs  (National  Standard  for  Education)  and  Targets  were  all citizens who had a minimum IQ level of 130 Billysimmon scale; (b) Human Resources such as the gifted teachers were graduated Primary School Class Teacher Education (PGSD), but the teachers who administer the gifted class should have qualified for Special Education (PLB), while the infrastructure used in the learning had been optimal; (c)  The  relationship  between  organizations  such  as  schools  with  the  Education  Office  of  Yogyakarta  always coordinate  well.  Implementation  of  gifted  class  program  in  Application  stage,  executed  the  learning  process referred  to  the  plan  stage  and  make  assesment  of  the  student  development  progress.  As  for  determinant  of performance implementation apply, such as: (a) Social conditions such as the interaction between  gifted students with  regular,  attendees  look  harmonious;  (b)  Disposition  of  cognition  implementation,  a  well  detailed understanding of the principals of the gifted program. Furthermore, problems of implementation IA Class ofGifted Program,  such  as  (a)  The  absence  of  a  special  budget  for  the  gifted  class;  (b)  The  difficulty  of  teachers  in educating students in the gifted class, had great curiosity, because the students had an IQ level above the average of their age; (c) Gifted students are sensitive. The efforts of schools and teachers to solve the problems, such as; (a) the matter of budget funds, the school proposed a special budget for the Gifted class program; (b) The process of learning in the classroom using lesson plans, by adjusting the interest, talent, and potential; (c) The teacher gives the material more patient with the students in the Gifted class and gave advice to students who is sensitive. 

Keyword
policy implementation, gifted program, elementary School
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)