Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1

Vol 2, No 9 (2013)

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Penulis 1 : RITHA NUR OKTOVIKA (09201244072)
Penulis 2 : Prof. Dr. Haryadi, M. Pd.
Penulis 3 : Hartono, M. Hum.
Abstrak

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan pembelajaran
keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3
Yogyakarta. Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung keberhasilan
pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Ketiga, mendeskripsikan faktor penghambat
pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah guru bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Objek
penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini berlokasi di SMP
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui pengamatan,
wawancara, dan penggunaan dokumen. Data kemudian dianalisis dengan teknik
analisis data model interaktif. Teknik yang digunakan untuk mencapai kredibilitas
dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran keterampilan
berbahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta
meliputi pembelajaran keterampilan menyimak, keterampilan membaca, dan
keterampilan menulis. Pembelajaran keterampilan menyimak meliputi siswa
mendengarkan informasi, melihat demonstrasi, tanya jawab dan diskusi, serta
siswa menulis informasi. Pembelajaran keterampilan membaca meliputi siswa
membaca, kemudian menuliskan informasi terkait tujuan pembelajaran.
Pembelajaran keterampilan menulis meliputi siswa melihat demonstrasi, menulis
teks berita dan menulis puisi bebas dengan mengamati lingkungan sekolah, (2)
faktor pendukung keberhasilan pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia
yang meliputi keterampilan menyimak, membaca, dan menulis siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta antara lain partisipasi aktif siswa sebagai
subjek pembelajaran dan peran guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola,
demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator, (3) adapun faktor
penghambat keberhasilan pembelajaran muncul dari siswa antara lain, membuat
kegaduhan, tidak memperhatikan guru, dan tidak mau mengerjakan tugas.

Kata Kunci
Kata Kunci: Pembelajaran, Keterampilan Berbahasa Indonesia

Abstract

This research has three objectives . First , describe the learning Indonesian
language skills of eighth grade student SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Second, describe the factors supporting successful learning Indonesian language
skills of eighth grade students SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Third,
describe the factors inhibiting learning Indonesian language skills of eighth grade
students SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta .
This research used a qualitative approach. The subject of this research is
Indonesian teachers SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The object of this
research is learning Indonesian language skills of eighth students SMP
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The located of this research at SMP
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The data were collected through observation,
interviews , and use documents. The data was analyzed with an interactive model
of data analysis techniques. The techniques used to achieve credibility in this
research is source triangulation and theory triangulation.
The results showed that: (1) learning Indonesian language skills of eighth
students SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta include learning listening skills,
reading skills, and writing skills. The students in learning listening skills include
listening information, saw demonstrations, question and answer and discussion, as
well as students write information. The students learning reading skills include
reading, then write down the information related learning objectives. Learning
writing skills include students saw demonstrations, writing news and writing
poetry texts are free to observe the school environment, (2) factors supporting
successful learning Indonesian language skills, including listening skills, reading,
and writing eighth grade students of SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta include
active participation students as the subject of learning and the role of teachers as a
learning resource, facilitator, manager, demonstrator, mentor, motivator, and
evaluators, (3) while the factors inhibiting the success of students learning
appeared, among others, make noise, do not pay attention to the teacher, and do
not want to do task.

Keyword
Keywords : Learning, Indonesian Language Skills
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2014
ASSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
BKK FT UNY SELENGGARAKAN REKRUTMEN DARI PT SIS
SMKN 1 SUKOHARJO KUNJUNGI LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN FE UNY
WORKSHOP LESSON STUDY FT UNY
BELAJAR METODE RISET “RASCH MODEL” DI UNIVERSITY OF MALAYA
ENGLISH CAMP 2014: SAVE THE NATURE SAVE THE FUTURE


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)