Jurnal UNY - Detail artikel

E Journal Bimbingan Dan Konseling

Vol. IV No. 1 Tahun 2015

STUDI KASUS ASPIRASI AKADEMIK NARAPIDANA ANAK DI LAPAS SLEMAN KELAS II B

Penulis 1 : SATYO AGUS FIRMANSYAH (09104244035)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aspirasi akademik dan pemenuhan hak pendidikan narapidana anak selama menjalani hukuman penjara di Lapas Sleman Kelas II B, dan (2) faktor pendukung dan penghambat pada aspirasi akademik dan pemenuhan hak pendidikan narapidana anak selama menjalani hukuman penjara di Lapas Sleman Kelas II B. 

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah narapidana anak yang berusia di bawah 18 tahun sebanyak 3 narapidana anak dan 1 petugas lapas. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model interaktif yang meliputi data collection, data reduction, data display, dan conclusions/verifying. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi sumber dan metode.

Berdasarkan data penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) subjek  dalam penelitian ini memiliki aspirasi akademik yang meliputi: a) aspirasi akademik realistik yakni kesadaran diri sebagai narapidana, adanya perasaan malu dan minder semangat ingin melanjutkan sekolah dan ingin mengubah image, b) aspirasi jangka panjang yakni menekuni keterampilan yang diberikan Lapas dan melanjutkan sekolah, melanjutkan kuliah dan bekerja sesuai keterampilan, c) aspirasi jangka pendek yakni membaca buku-buku yang berada di perpustakaan Lapas, d) aspirasi positif  yakni ingin meningkatkan statusnya dari anak narapidana menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain, memperbaiki citra diri di masyarakat, dan e) aspirasi negatif yakni lebih menghindari kegagalan dan penilaian buruk dari masyarakat. Ketiga subjek dalam penelitian ini telah mendapatkan hak pembinaan dan pendidikan selama menjalani hukuman penjara di LAPAS Sleman Kelas II B. Pemenuhan pembinaan dan pendidikan yang diperoleh meliputi: pembinaan olahraga, bina mental/karakter, kerohanian seperti mengaji, praktik shalat, yang juga didukung fasilitas seperti buku-buku bacaan yang dapat digunakan oleh narapidana anak untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta adanya keterampilan bagi narapidana seperti sablon, dll. 2) faktor pendukung dalam proses terbentuknya aspirasi akademik danpemenuhan hak pendidikan narapidana anak selama menjalani hukuman penjara di Lapas Sleman Kelas II diantaranya yaitu: faktor fasilitas yang cukup memadai dan dukungan keluarga. Faktor penghambatnya yaitu: ketidaknyamanan berada di LP dan adanya status narapidana menjadikan rasa malu serta minder pada diri subjek dalam penelitian ini.

Kata Kunci
aspirasi akademik, narapidana anak

Abstract

This study aimed to describe: (1) academic aspirations and fulfill the right to education for children of prisoners serving a sentence in prison Sleman II Class B, and (2) supporting and inhibiting factors on the academic aspirations and fulfill the right to education for children of prisoners serving a sentence in prison Sleman Class II B.

This research is a case study using a qualitative approach. Subjects in this study were inmates children under 3 years as many as 18 inmates and one prison officer’s son. Analysis using qualitative data analysis interactive model that includes data collection, data reduction, the data display, and Conclusions / verifying. The technique used is the validity of data triangulation techniques and methods.

Based on research data obtained as follows: 1) The subjects in this study had academic aspirations which include: a) the realistic aspirations of academic self-awareness as a prisoner, feelings of shame and inferiority spirit wants to go to school and want to change the image, b) the long-term aspirations Prison given to his skill and go to school, go to college and work appropriate skills, c) short-term aspirations of reading books that are in the prison library, d) positive aspirations that want to improve the status of children of prisoners become more useful to others, improve the image of himself in the community, and e) the more negative aspiration to avoid failure and poor judgment of the community. All three subjects in this study has been to get the right guidance and education for serving a prison sentence in prisons Sleman II Class B. Compliance training and education acquired include: sports coaching, building mental / character, spirituality such as the Koran, the practice of prayer, which is also supported facilities such as reading books that can be used by child inmates to add insight and knowledge, as well as the skills for inmates such as screen printing, etc.. 2) supporting factors in the process of formation of the academic aspirations and fulfill the right to education for children of prisoners serving a sentence in prison Sleman Class II such as: factors adequate facilities and family support factors. Inhibiting factors are: the discomfort is in the LP and the presence status of other inmates shame and inferiority on the subject in this study.

Keyword
academic aspirations, child prisoners
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2018
ASSRKJS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)