Jurnal UNY - Detail artikel

E Journal Bimbingan Dan Konseling

Vol. IV No. 1 Tahun 2015

HUBUNGAN ANTARA SWAKELOLA BELAJAR DENGAN KECEMASAN AKADEMIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUNGKID TAHUN AJARAN 2013/2014

Penulis 1 : PUJI ASTUTI (10104241011)
Abstrak

Penelitian ini bermula dari adanya fenomena masih rendahnya tingkat swakelola belajar yang diasumsikan sebagai salah satu penyebab timbulnya kecemasan akademis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara swakelola belajar dengan kecemasan akademis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mungkid tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP N 1 Mungkid sejumlah 154 orang yang terdiri atas 65 laki-laki dan 89 perempuan. Penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala swakelola belajar dan skala kecemasan akademis yang diuji dengan validitas konstrak melalui uji coba terhadap 72 siswa selain subjek penelitian dengan rtabel=0,2319 (untuk N=72). Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara swakelola belajar dan kecemasan akademis dengan koefisien korelasi sebesar -0,568 dengan taraf signifikansi 0,000. Hasil menunjukkan bahwa sumbangan efektif swakelola belajar terhadap kecemasan akademis sebesar 32,26%.

Kata Kunci
validitas skala, swakelola belajar, kecemasan akademis

Abstract

This research was start from a low self regulated learning phenomena that assumes as one of academic anxiety rises. The purpose of the research was to identify the correlation between self-regulated learning and academic anxiety at 7th grade at Junior high School 1 Mungkid. This research was a correlational research. The subjects of the research were students of grade VII at Junior High School 1 Mungkid, they are 154 consist of 65 male and 89 female students. This research used two scale of data collection technique, they were self-regulated learning scale and academis anxiety scale which was tested by construct validation by pretest on 72 students excepted subject with Rtable=0,2319 (N=72). Data was analyzed by product moment correlation from Pearson. The result of the research discovered that there was a negative correlation between self-regulated learning and academic anxiety by  coefficient that it correlated about -0.568 and 0,000 signification. Based on this result, self-regulated learning gave influence to academic anxiety about 32,26%

Keyword
self-regulated learning, academic anxiety, scale validity
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
May 2018
ASSRKJS
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)