Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 3, Volume 3, Nomor 6, Agustus 2014

PENGARUH SARANA BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF SALAM TAHUN AJARAN 2013/2014

Penulis 1 : NUGROHO AFRI H (09502241035)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2013/2014. (3) Pengaruh Sarana Belajar dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah 1038 siswa, dengan sampel penelitian berjumlah 270 siswa yang diambil secara acak. Ujicoba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa kelas XII Teknik Audio-Video. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner atau angket dengan menggunakan skala likert. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yang sebelumnya telah dilakukan judgement expert dan uji empirik dengan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpa Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasayarat analisis, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 20.00.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana belajar dan prestasi belajar, hal tersebut ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,467 dan thitung> ttabel (8,636 > 1,960) pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan efektif 18,47907%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru dan prestasi belajar, hal tersebut ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,353 dan thitung> ttabel (6,175 > 1,960) pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan efektif 8,22093%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana belajar dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK Ma’arif Salam tahun ajaran 2013/2014, hal tersebut ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,267 dan Fhitung>Ftabel (48,722 > 3,04) pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan efektif 26,70%.

Kata Kunci
sarana belajar, kompetensi pedagogik guru, prestasi belajar

Abstract

The purpose of this study to find out: (1) The Impact of LearningTools Against Learning Result Student of Ma’arif Salam Vocational School In Academic Year 2013/2014. (2) The Impact of Teacher Pedagogy CompetenciesAgainst Learning Result Student of Ma’arif Salam Vocational School In Academic Year 2013/2014.(3) The Impact of Learning Tools and Teacher Pedagogy Competencies Against Learning Result Student of Ma’arif Salam Vocational School In Academic Year 2013/2014.
This study is an ex post facto study. The study population are 1038 student, the sample of this study amount 270 student which random selection. Instrument test conducted on 30 student of XII grade Audio-Video Engineering. Validity of this instrument use a construct validity with the likert scale. Validity test used by contruct validity with judgment expert and empirical study with the Product Moment correlation formula before, while Alpha Cronbach formula used to test for Reliability. The descriptive statistic used to know the analitic result, the prerequisite of analyze, the hypotheses used multiple regression analysis technique with the computer programe SPSS 20.00.
Result of study indicates that: ( 1)There is positive influence of learning tools against learning result student that evidenced by point of correlation coefficient (r) 0,467 and arithmetic of t>table of t (8,636>1,960) on 5% significance level with the effective contribution 18,47907%; ( 2) There is positive influence of teacher pedagogy competencies against learning result student that evidenced by point of correlation coefficient (r) 0,353 and arithmetic of t>table of t (6,175>1,960) on 5% significance level with the effective contribution 8,22093%; (3)There is positive influence of learning tools and teacher pedagogy competencies that used simultaneously against learning results of Ma’arif Salam Vocational school in academic year 2013/2014 that evidenced by determination point (r2) 0,267 anf arithmatic of F>table of F (48,722>3,04) on 5% significance level with the effective contribution 26,70%.

Keyword
learning tools, teacher pedagoy competencies, learning result
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)