Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 3, Volume 3, Nomor 6, Agustus 2014

PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TAV SMK MAARIF NU BOBOTSARI

Penulis 1 : MASRURI ABDILLAH (07502241034)
Penulis 2 : Muhammad Munir, M.Pd
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya sumbangan Motivasi, Disiplin dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi belajar elektronika dasar Siswa Kelas X Audio Video di SMK Maarif NU Bobotsari Tahun Ajaran 2013/2014.

Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X Audio Video SMK Maarif NU Bobotsari yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk semua variabel. Validitas instrumen penelitian dilakukan melalui expert judgment dan  analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment.Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbrach. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda 3 prediktor pada taraf signifikansi 5 %.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif antara motivasi terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r hitung  lebih besar dari r tabel (0,396>0,304); (2) Terdapat pengaruh positif antara disiplin terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien rhitung lebih besar dari r tabel (0,396>0,304); 3) Tidak terdapat pengaruh positif antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r hitung lebih kecildari rtabel (0,110<0,304); (4) Terdapat pengaruh positif antara motivasi, disiplin dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,445, koefisien determinan (r2) sebesar 0,135atau sebesar 13,5%, r hitung lebih besar dari r tabel (0,445>0,304) dan ditunjukan dengan persamaan Y = 61,036+ 0,203X1 + 0,237X2 + (-0,200)X3. Koefisien determinan sebesar 13,5%, dimana motivasi memberikan sumbangan efektif sebesar 6,59%, disiplin memberikan sumbangan efektif sebesar 5,86% dan penggunaan media pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 1,03%.

Kata Kunci
motivasi, disiplin, penggunaan media pembelajaran,dan prestasi belajar elektronika dasar

Abstract

This research aims to know the magnitude of the influence and contribution of motivation, discipline and Learning Media use Of achievements of learning basic electronics Students Class X Audio Video in SMK Maarif NU Bobotsari periode 2013/2014.

The subject of this research is to grade X Audio Video SMK Maarif NU Bobotsari totalling 42 students. These studies include research on ex-post facto. Approach to quantitative approaches were used.Data retrieval method using Likert scale model questionnaire for all variables.  The validity of the research instrument is done through expert judgment and analysis of grain which is calculated with the formula Product moment correlation.Reliability of instruments is calculated using the formula Alpha Cronbrach. Test of normality tests include analysis of requirements, tests and test the linearity of multicollinearity.  The data analysis techniques were used to test the hypothesis is by simple regression analysis techniques and techniques of multiple regression analysis 3 predictors on the 5% of significance level. 

The results showed that: (1) there is a positive influence on learning achievement motivation among the electronics base. This is shown by a coefficient r count greater than r table (0,396 > 0,304) 2;() there are positive influences between the disciplines of basic electronics learning achievements. This is indicated by the coefficient of rcount greater than r table (0,396 > 0,304);  3) there was no positive influence between media use electronic learning achievement against learning the basics.This is shown by a coefficient r count kecildari more rtabel (0,110 < 0,304); (4) there is a positive influence of motivation, discipline and learning media use of achievements of learning basic electronics.  This is indicated by the coefficient of r = 0,445, coefficient of a determinant (r2) of 0,135or amounting to 13,5%, r count greater than r table (0,445 > 0,304) and indicated by the equation Y = 61,036 + 0, 203X1 + 0, 237X2 + (0,200) X 3. Determinant of the coefficients of 13.5%, which contributed effective motivation of 6,59%, contributing to effective discipline of 5.86% and use of instructional media contribute effectively amounted to 1.03%.

Keyword
motivation, discipline, use of learning media, danprestasi learn basic electronics
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)